About

INKAJurusan S1-Teknik Industri STTS adalah jurusan teknik yang menyelenggarakan sistem pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kewirausahaan berbasiskan ilmu dan teknologi industri. Sesuai dengan konsep dasar keilmuannya, yaitu merekayasa nilai (value engineering), Teknik Industri STTS telah menetapkan beberapa bidang pembelajaran utama dalam sistem dimaksud, seperti: desain proses dan produk industrial berbasiskan teknologi CAD/CAM, rekayasa ergonomi, pengembangan sistem kualitas terstandarisasi, pengembangan technopreneurship, Supply Chain Management (SCM), dan manajemen kinerja.

 

Visi
Pada Tahun 2017, program Studi Teknik Industri STTS menjadi program studi teknik bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang beretika, berkualitas, inovatif, berwawasan lingkungan, dan cepat tanggap terhadap masalah masyarakat lokal maupun Indonesia Timur dengan mengedepankan sistem tata kelola organisasi yang efisien.

Misi
Dengan usaha untuk menghadirkan visi menjadi kenyataan dan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Darma Pendidikan, Darma Penelitian, dan Darma Pengabdian Masyarakat), maka Program Studi S1 Teknik Industri STTS merumuskan misinya sebagai berikut:

  1. Memberikan materi pendidikan dan pengajaran terbaik di bidang ilmu, teknologi, dan desain industri terbaik, dalam sistem tata kelola organisasi yang efisien, disesuaikan dengan situasi dan kondisi kebutuhan masyarakat Indonesia Timur.
  2. Bekerja sama dengan berbagai program studi teknik industri dan industri di Indonesia Timur, melakukan penelitian terapan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan masyarakat Indonesia Timur dalam rangka peningkatan daya saing ekonomi.
  3. Menyediakan berbagai solusi inovatif dan unggulan berbasis ilmu, teknologi, dan desain industri bagi berbagai masalah masyarakat Indonesia Timur, khususnya dalam menghadapi pasar masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Tujuan

  1. Tersusunnya kurikulum pendidikan dan pengajaran bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang sejalan dengan perkembangan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri terkini.
  2. Tersedianya sumber daya manusia dan fasilitas pendidikan/ pengajaran bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang handal dan sesuai dengan perkembangan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri terkini.
  3. Lulusnya para sarjana bidang ilmu, teknologi, dan desain industri dengan kemampuan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang berkualitas dan berkompetensi sejalan dengan perkembangan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri, dan mampu bekerja secara mandiri/ di perusahaan pada bidang yang relevan.
  4. Meningkatnya penelitian terapan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri sesuai dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan masyarakat Indonesia Timur yang berorientasikan pada peningkatan daya saing ekonomi.
  5. Meningkatnya kerjasama penelitian terapan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri dengan program studi teknik industri yang ada di Indonesia Timur.
  6. Meningkatnya kerjasama penelitian terapan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri dengan industri yang ada di Indonesia Timur.
  7. Meningkatnya kegiatan pengabdian masyarakat dan penyelesaian masalah masyarakat di bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang ada di Indonesia Timur.
  8. Meningkatkan jumlah civitas akademika Program Studi Teknik Industri STTS yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan penyelesaian masalah masyarakat di bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang ada di Indonesia Timur.
  9. Berkembangnya citra Program Studi Teknik Industri STTS sebagai program studi teknik bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang berkualitas di masyarakat.

Sasaran

  1. Terbentuknya kurikulum pendidikan dan pengajaran bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang sejalan dengan perkembangan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri terkini. Indikator Kinerja Utamanya adalah konsistensi perbaikan kurikulum/ 5 tahun, frekuensi evaluasi kurikulum/ bidang.
  2. Tersedianya sumber daya manusia dan fasilitas pendidikan/ pengajaran bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang handal dan sesuai dengan perkembangan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri terkini dengan Indikator Kinerja Utama peningkatan jumlah tenaga pengajar bergelar S3/ bidang, peningkatan jumlah tenaga pengajar bersertifikasi professional/ bidang, jumlah dan kualitas fasilitas pendidikan/ pengajaran (termasuk laboratorium)/ bidang.
  3. Lulusnya para sarjana bidang ilmu, teknologi, dan desain industri dengan kemampuan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang berkualitas dan berkompetensi sejalan dengan perkembangan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri, dan mampu bekerja secara mandiri/ di perusahaan pada bidang yang relevan. Indikator Kinerja Utamanya adalah rasio jumlah mahasiswa baru dan jumlah sarjana/ bidang yang lulus tepat waktu, rata-rata Indeks Prestasi Komulatif sarjana, dan masa tunggu kelulusan sampai mendapat pekerjaan.
  4. Meningkatnya jumlah dan kualitas penelitian terapan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri sesuai dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan masyarakat Indonesia Timur yang berorientasikan pada peningkatan daya saing ekonomi dengan Indikator Kinerja Utama jumlah penelitian terapan/ dosen, jumlah penelitian terapan/ bidang, pembiayaan penelitian terapan/ bidang, dan peningkatan pusat studi terapan/ bidang.
  5. Meningkatnya kerjasama penelitian terapan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri dengan program studi teknik industri yang ada di Indonesia Timur dengan Indikator Kinerja Utama jumlah program studi teknik industri yang bersedia melakukan kerjasama penelitian terapan/ tahun.
  6. Meningkatnya kerjasama penelitian terapan bidang ilmu, teknologi, dan desain industri dengan industri yang ada di Indonesia Timur dengan Indikator Kinerja Utama jumlah industri yang bersedia melakukan kerjasama penelitian terapan/ tahun.
  7. Terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat dan penyelesaian masalah masyarakat di bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang ada di Indonesia Timur dengan Indikator Kinerja Utama jumlah kegiatan pengabdian masyarakat/ tahun.
  8. Meningkatkan jumlah civitas akademika Program Studi Teknik Industri STTS yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan penyelesaian masalah masyarakat di bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang ada di Indonesia Timur dengan Indikator Kinerja Utama jumlah dosen/ mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat/ tahun.
  9. Berkembangnya citra Program Studi Teknik Industri STTS sebagai program studi teknik bidang ilmu, teknologi, dan desain industri yang berkualitas di masyarakat dengan Indikator Kinerja Utama jumlah liputan media massa/ tahun.

Desain Industrial berbasiskan CAD/CAM

CNCPenggunaan beberapa perangkat lunak komersial CAD/ CAM (Computer Aided Design/ Computer Aided Manufacturing) merupakan bagian dari pengintegrasian konsep teknologi rancang bangun berbasiskan komputer terhadap konsep-konsep terbaru dalam bidang ilmu perencanaan dan perancangan produk-produk komersial seperti Quality Function Deployment (QFD), Functional Analysis System Technique (FAST), dan Analytichal Hierarchy Proces (AHP).

Ergonomy and Industrial Work Design
grindingPenguasaan prinsip-prinsip motion economy dan bio-mechanics merupakan bagian ilmu teknik industri yang diperlukan untuk merancang sebuah man-machine system yang handal dan sangat dibutuhkan bagi peningkatan kinerja sebuah perusahaan secara parsial maupun sistemik. Kehandalan tersebut makin lengkap dengan terintegrasinya aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Occupational Safety and health) dengan pendekatan praktis dan terstandarisasi secara nasional maupun internasional.

Standardized Quality System Development
progesoftPengetahuan dan pemahaman tentang sistem manajemen kualitas terstandarisasi seperti ISO Series, QS Series, Six Sigma merupakan varian berikutnya dari kompetensi unggulan yang dimiliki ilmu teknik industri. Demikian pula penguasaan kemampuan manajerial dalam mengadopsi konsep-konsep Total Quality Management dan Kaizen (konsep yang wajib dimiliki oleh perusahaan Word class level).

Enterpreneurship Development and Small to Medium Business Training
kewirausahaanKreatifitas dan kemandirian usaha merupakan ujung tombak perbaikan ekonomi masyarakat. Karena itu, materi kewirausahaan dalam bentuk pelatihan bisnis skala kecil dan menengah beserta uji pemasaran diberikan beberapa kali secara eksklusif maupun inklusif sebagai tolak ukur keberhasilan mahasiswa dalam menyerapkan dan merangkai seluruh ilmu teknik industri yang telah dipelajari.

Supply Chain Management (SCM)
Penguasaan konseptual dan praktis terhadap keterkaitan antara pemasok, produsen, dan distributor dalam setiap rangkaian value stream ditambahkan untuk menambah sensitifitas mahasiswa teknik industri terhadap penyelesaian masalah-masalah industrial. Dalam perkuliahan, agar konsep ini benar – benar “membumi”,proses adaptasi mega-konsep ini juga akan diterapkan langsung pada kasus-kasus usaha skala kecil dan menengah.

Performance Management
Kehadiran sebuah sistem perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja perusahaan adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari bagi perusahaan yang bermaksud untuk masuk ke dalam pasar persaingan global maupun regional. Konsep-konsep global Balanced Score Card analysis, Performance Prism yang diberikan dengan pendekatan lokal diharapkan mampu mempertajam kemampuan analisa mahasiswa jurusan teknik industri.

Struktur Mata Kuliah

Tahun Pertama:
Dasar – dasar ilmu teknik, perangkat lunak komersial untuk perancangan produk (CAD) dan aplikasi administratif komersial.

  • Pengantar Teknik Industri
  • Computer Aided design
  • Bahasa Inggris
  • Komputer Aplikasi Bisnis
  • Pengetahuan bahan
  • Proses Produksi
  • Statistik Industri 1-2
  • Matematika 1-2
  • Fisika
  • Kimia Industri

Tahun Kedua:
Merancang, membuat, dan mengevaluasi produk komersial (barang dan jasa) dengan menyertakan konsep – konsep mikro secara kuantitatif dan kualitatif (statitical based, accounting approach, ecological based)

  • Ergonomi
  • Akuntansi Perusahaan
  • Ekologi Industri
  • Kewirausahaan
  • Analisa Perancangan Kerja
  • Pengendalian Kualitas
  • Instalasi Listrik Industri
  • Penelitian Operasional 1-2
  • Workshop 1 (chemical Industry)
  • Workshop 2 (Packaging Industry)
  • Matematika Teknik
  • Bahasa Indonesia
  • Agama

Tahun Ketiga:
Pengembangan sistem bisnis dengan mempertimbangkan komplesitas antara berbagai aspek manajemen dan teknik industri

  • Perancangan & pengendalian Produksi 1-2
  • Perancangan Tata Letak Pabrik
  • Keselamatan Kerja & Higiene Perusahaan
  • Manajemen Pelayanan
  • Metodologi Penelitian
  • Manajemen Pemasaran
  • Otomasi Industri
  • Simulasi Sistem Industri
  • Pemodelan Sistem
  • Manajemen SDM
  • Workshop 3 (Digital Sablon)
  • Pancasila

Tahun Keempat:
Merancang, menerapkan, dan/ mengevaluasi sebuah sistem bisnis (komersial) secara parsial atau sistemik degnan menggunakan konsep – konsep terapan terbaru dalam bidang ilmu Teknik & Manajemen Industri.

  • Ekonomi Teknik
  • Manajemen Perusahaan Industri
  • Perencanaan dan Perancangan Produk
  • Akuntansi Manajerial
  • Supply Chain Management
  • Akuntansi Manajemen Lingkungan
  • Computer Aided Manufacturing
  • Analisis Keputusan dan Resiko
  • Pengukuran Kinerja
  • Rekayasa Kualitas
  • Manajemen Proyek
  • Analisis kelayakan Usaha
  • Kerja Praktek
  • Tugas Akhir

Prospek Karir
Secara umum, setelah lulus setiap Sarjana S1-Teknik Industri STTS diharapkan mampu membuat dan menjalankan usaha mandiri,bahkan dengan modal terbatas (Technopreneur/Enterpreneur). Setidak-tidaknya, Sarjana S1-Teknik Industri STTS diharapkan mampu menerapkan prinsip rekayasa industri dalam business value stream untuk meningkatkan kinerja perusahaan komersial dalam bidang jasa & manufaktur dengan menjadi :

  • Ergonomic Analyst (Ahli Ergonomi)
  • Plant Manager
  • Product Designer
  • Quality Controller
  • TQM,Kaizen Implementator
  • CAD/ CAM Engineering
  • Marketer
  • Product Planner & Inventory Controller
  • Commercial Distribution Analysis & Engineering
  • Enviromental Managerial Accounting (EMA) Development.
  • Customer Relation Management (CRM)
  • Occupational Safety, Health, & Enviromental (SHE) engineering

Untuk info lebih lengkap, silakan menghubungi:

Sekolah Tinggi Teknik Surabaya
Jurusan Teknik Industri
Jl. Ngagel Jaya Tengah 73-77, Surabaya-60284
Ph. 031-5027920
Facs: 031-5041509

4 thoughts on “About

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s