KULIAH UMUM dan WORKSHOP “SNAKE BITES” 20 OKTOBER 2016

Hari Kamis 20 Oktober 2016, Teknik Industri STTS mengadakan kuliah umun dan workshop tentang pengelan dan penanganan gigitan ular dalam dunia industri dengan narasumber Dr. dr. Tri Maharani, M.Si., Sp.Em. dengan 2 rekannya dari Hepertologi Himbio departemen Biologi UNAIR.

_mg_3337

Dr. dr. Tri Maharani, M.Si., Sp.EM. merupakan satu satunya orang Indonesia yang meneliti tentang gigitan ular di Indonesia dan telah bekerja sama dengan WHO (World Health Organization) untuk mendata kasus tentang gigitan ular selama beberapa tahun terakhir ini.

img_3225

Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Tigor Tambunan selaku Kepala Jurusan Teknik Industri STTS. diisi dengan pengenalan ular. mlakukan simulasi penolongan pertama terhadap pasien GUB (Gigitan Ular Berbisa).
Terdapat 2 jenis ular yaitu berbisa dan tidak berbisa. Dimana sebenarnya ciri ciri ular berbisa dapat dikenali dari fisiknya. Ular berbisa memiliki bentuk kepala yang membentuk segitiga, memiliki corak atau beberapa sisik didekat kelopak mata yang menunjukan jenis ular tersebut.

img_3187
Ular berbisa juga digolongkan menjadi 2 jenis berdasarkan jenis bisa yang dihasilkannya. Ada ular berbisa dengan bisa berjenis Hemotoksin dan Neurotoksin. Hemotoksin merupakan bisa yang cukup mematikan karena menyerang sistem sirkulasi darah dan sistem otot serta dapat menyebabkan kerusakan jaringanan dan kelumpuhan permanen kemampuan bergerak otot, sedangkan bisa jenis Neurotoksin lebih mematikan dari Hemotoksin karena toksin jenis ini akan menyerang sistem syaraf yang menyebabkan lumpuhnya sistem pernafasan yang berarti oksigen akan terus berkurang, jika didiamkan maka akan menyebabkan kematian akibat gagal jantung yang terjadi.

Berikut merupakan contoh ular yang tidak berbisa, ini adalah jenis dari ular piton

img_3117

berikut adalah simulasi penolongan pertama GUB (gigitan ular berbisa)

_mg_3380

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s