Mahasiswa Baru Teknik Industri Kreatif, Rek!!! (MBaTIK, Rek!!!)

jawa posSeperti yang sudah berjalan selama 15 tahun, di tahun 2015 ini jurusan Teknik Industri Sekolah Tinggi Surabaya (STTS) tetap berkomitmen menyelenggarakan orientasi studi dan pengenalan kampus (OSPEK) yang berorientasikan pada pengembangan kreatifitas, bebas dari segala bentuk perploncoan. Dan karena pelaksanaannya selalu berada di bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu bulan Agustus, jurusan Teknik Industri selalu berusaha mengangkat potensi-potensi lokal sebagai obyek pembelajaran dan peningkatan kreatifitas mahasimangroveswa barunya.

Tahun ini, yang menjadi obyek kegiatan adalah mengeksplorasi potensi usaha batik mangrove sebagai penambah kekuatan sektor industri manufaktur. Di bawah pembinaan Bapak Yadji, Ibu Lies Libertyaswulan, dan Ibu Hurin Ain dari Griya Karya Tiara Kusuma-Surabaya, sekitar 40 mahasiswa baru, pengurus himpunan mahasiswa, dan dosen jurusan Teknik Industri STTS mempelajari bcantingerbagai hal terkait bisnis batik mangrove, seperti: mangrove dan potensinya, berbagai pola batik mangrove, proses pembatikan dengan menggunakan canting elektrik, pewarna alami berbasis mangrove, prospek bisnis, dan isu-isu lingkungan khususnya yang berkaitan dengan proses pembatikan.

Canting elektrik (isu teknologi), pewarna alami dan pemanfaatan limbah (isu lingkungan), proses pembatikan (isu pengendalian kualitas, perancangan kerja & ergonomi), sirup mRRIangrove, tepung mangrove, permen mangrove (isu pengembangan produk)… Batik memang karya seni, tapi kalau melihat isu2 terdahulu… Sangat jelas perkembangan batik adalah 1000% urusan teknik industri

batikKarena kegiatan ini mengangkat isu lokal , maka suasana kegiatan inipun diatur sedemikian rupa supaya bernuansa tradisional. Seluruh peserta menggunakan pakaian batik, proses membatik yang dilakukan di atas tikar, dua jenis hidangan khas daerah, yaitu Semanggi Surabaya dan dawet ayu Banjarnegara disiapkan untuk peserta kegiatan. Alunan musik tradisional diputar selama kegiatan berlangsung untuk memperkuat suasana keindonesiaan.

Selain bertujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan berwirausaha bidang batik, jurusan Teknik Industri STTS berharap, kegiatan “Mbatik, rek!!!” ini dapat meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap produk-produk dalam negeri.

Links:

  1. http://www.suarasurabaya.net/print_news/Kelana%20Kota/2015/157650-Mahasiswa-Luar-Surabaya-Tak-Kenal-Batik-Mangrove
  2. http://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20150822/282772060315726/TextView
  3. http://rri.co.id/post/berita/192769/sorotan_kampus/hindari_perploncoan_ospek_stts_laksanakan_kegiatan_membatik.html
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s