IOGS 2015 (Industrial Olympic Games 2015) – Push Your Limit!

sinlui“Pengintegrasian kreatifitas industrial, intuisi bisnis, serta kesiapan fisik dan mental!” Itulah yang diharapkan muncul pada pelaksanaan kegiatan Industrial Olympic Games tahun 2015 ini (IOGS 2015). Sama seperti IOGS 2012 dan IOGS 2013, kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Industri STTS ini  selalu diikuti dengan antusiasme tinggi oleh para pesertanya, Kali ini peserta IOGS 2015 adalah siswa-siswa beberapa SMA (seperti SMA St.louis 1 surabaya, SMA TNH Mojokerto, SMA Untung Suropati Sidoarjo, SMA Carolus, dll).

Pesertmojokertoa IOGS 2015 ditantang untuk unjuk kemampuan secara berkelompok menghadapi kelompok lain dalam dua hari kegiatan (Selasa-Rabu, 22-23 September 2015) Ada tiga jenis lomba yang dikompetisikan, yaitu bolt dan screw frenzy, money dash, dan 3D tetris packaging.

TNHPada game Bolt and screw frenzy setiap kelompok peserta berperan sebagai sebagai sebuah perusahaan yang memproduksi sebuah produk rakitan (dengan komponen baku bur, baut dan ring) dan bersaing dengan kelompok lain dalam urusan pembelian bahan baku, kecepatan pembuatan produk, dan penjualan produk. Setiap kelompok harus menyusun strategi dan taktik pembelian, produksi, dan penjualan yang tepat agar berhasil mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

sinlui surabayaDalam game kedua, yaitu Money dash, setiap kelompok diuji selling skill­ dan intuisi bisnisnya saat menghadapi pasar yang terkesan sangat dinamis, bahkan terkesan spekulatif. Peserta akan melakukan proses penjualan produk yang sudah ditetapkan panitia (rangkaian lampu yang mewakili situasi industri elektronik), dilanjutkan dengan pemanfaatan uang tersebut dalam permainan ular tangga yang bernuansa spekulatif (mewakili situasi pasar yang sangat sukar ditebak dan dikendalikan). Peserta yang mencapai kotak paling jauh dalam ular tangga memiliki poin yang tertinggi.

carolusDalam game 3D Tetris Packaging, setiap kelompok peserta  ditantang untuk menunjukkan kemampuannya dalam merancang berbagai bentuk benda 3D dengan menggunakan bahan karton merang. Peserta tidak bisa sembarangan membuat bentuk benda 3D, karena bentuk yang dibuat tadi harus dapat dimasukkan dan mengisi sebuah kemasan yang sudah ditentukan panitia. Kesesutetrisaian ukuran dan bentuk benda 3D, jumlah produk yang dapat dimasukkan kedalam kemasan, dan kerapian menjadi penilaian utama dalam game ini. Dari game terakhir ini, diharapkan peserta dapat mempelajari konsep dasar industrial design yang sangat berbeda dengan konsep art design.

IOGS STTS memang selalu penuh tantangan. Sampai jumpa di IOGS STTS berikutnya 🙂

Links:

  1. http://surabaya.tribunnews.com/2015/09/23/stts-gelar-lomba-tetris
  2. http://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20150924/282651801287713/TextView
  3. http://www.koran-sindo.com/news.php?r=5&n=1&date=2015-09-24
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s