AKSI ROKET-AIR TEKNIK INDUSTRI STTS 2014

Roket1

Dalam acara ARTIS 2014 ini, mahasiswa baru jurusan Teknik Industri STTS yang sedang mengikuti masa orientasi pengenalan jurusan, belajar bagaimana salah satu hukum dasar ilmu fisika -yaitu hukum Newton tentang aksi reaksi- diterapkan dalam pembuatan dan peluncuran roket air.

MahasRoket5iswa belajar membuat roket air, alat peluncur roket, dan parasut dari bahan-bahan sederhana yang relatif mudah diperoleh di manapun, seperti botol air minum dalam kemasan, pipa PVC, cable ties, kantongan plastik, dsb. Setiap kelompok yang terdiri dari dua orang, merakit roket sedemikian rupa sesuai konsep dasarnya, kemudian melapisinya dengan karton berwarna dan beberapa bahan lain sehingga menyerupai roket atau figur-figur futuristik yang menarik untuk dilihat ketika diluncurkan. Sesuai namanya, roket air tersebut kemudian diisi air, dan dipasang ke alat peluncur (launcher) yang dibuat sendiri oleh mahasiswa jurusan Teknik Industri STTS. Salah satu bagian launcher dihubungkan dengan selang pompa udara (pompa ban biasa). Salah satu mahasiswa memasukkan udara ke dalam roket berisi air tadi dengan cara menekan pompa beberapa kali. Setelah tekanan udara di dalam roket dirasa cukup, penjepit roket dilepas, dan roket pun meluncur ke Roket6atas dengan kecepatan tinggi, sambil menyemburkan air yang diberi pewarna. Momen semburan air ini selalu menjadi daya tarik tersendiri dalam setiap aksi roket air yang diluncurkan. Tidak jarang mahasiswa jadi basah kuyup terkena semburan air. Gelak tawa dan sorak sorai selalu mewarnai acara peluncuran roket air. Sesampai di ketinggian tertentu, sebuah parasut yang dibuat dari lembaran plastik mengembang, memperlambat proses pendaratan roket di tanah.

Sekaligus memeriahkan HUT ke 69 Kemerdekaan Republik Indonesia, ARTIS 2014 ini juga dijadikan ajang lomba kreatifitas dan pemahaman konseptual antar mahasiswa baru jurusan Teknik Industri STTS. Kelompok yang berhasil merancang roket dengan bentuk paling unik danRoket4 berhasil mendaratkan paling lama roketnya, akan mendapat hadiah berbagai makanan ringan dari panitia penyelenggara.

Melalui acara Aksi Roket-air (Water Rocket) Teknik Industri STTS (ARTIS) 2014, persepsi masyarakat bahwa “ilmu teknik adalah ilmu yang susah dipelajari” nampaknya harus diubah menjadi “ilmu teknik adalah ilmu yang mudah dan menyenangkan untuk dipelajari”. Pembelajaran ilmu apapun bisa dinikmati oleh siapapun, asal dengan cara yang efektif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s